Posted by: iBNuX | April 23, 2012

Google sync dihentikan, apakah RIM ditinggalkan?

banyak media massa memandang penghentian Google Sync untuk meninggalkan RIM selaku produsen BlackBerry, benarkah itu?

Sayangnya wartawan tidak punya background programmer (ya iya lah :D) jadi hanya memandang bahwa RIM ditinggalkan, dan entah jika wartawan seorang pengguna HP Lain, jadi mencoba menjatuhkan RIM, atau salah paham, tapi namanya berita, tidak ada yang netral, bahkan saya menulispun dari sudut pandang saya sebagai developer, pencinta BlackBerry dan sok tahu. seperti saya bilang “BlackBerry Changes My Life”, maka dari itu berita harus ada dari 2 sudut pandang, jangan satu aja😀 betul?

ok mari lanjut, berdasarkan penelitian iBNuX di kantor iBNuX yang kecil dan terpencil
Sebelumnya google telah mengumumkan penghentian aplikasi Aplikasi Google Mail untuk BlackBerry

Beginning November 22, 2011, we will end support for the Gmail App for Blackberry (installed native app). Over this past year, we’ve focused efforts on building a great Gmail experience in the mobile browser and will continue investing in this area.

Users may continue to use the app, if installed, however it will not be supported by Google, or available for download starting November 22. BlackBerry users can continue to access Gmail through the mobile web app at http://www.gmail.com in their BlackBerry web browser.

Soal GMail App pun sempet rame karena disangka google meninggalkan RIM, padahal tidak, alasan penghentian support untuk Gmail BB ini karena di BB sudah ada fungsi gmail plugin terinstall secara native, yang kita bisa lihat label yang kita buat, report spam dan email di kategorikan berdasarkan subject, bahkan pada os 7 sudah Built In dan tidak bisa dihapus. Google hanya menghentikan support dengan tidak mengupdate aplikasinya jika ada yg baru, tetapi Aplikasi masih bisa digunakan seperti diucapkan oleh google “Users may continue to use the app, if installed, however it will not be supported by Google” jadi google bukan menjauh dari RIM. atas dasar ada GMail Plugin di BB makanya Google menghentikan support aplikasi dan fokus pada Mail Service nya, tapi bagi para milliser aplikasi ini sangat berguna untuk mengikuti milis tanpa terganggu. jika google menjauhi RIM maka aplikasinya sudah tidak bisa dipakai lagi, beruntung ada Ota Downloader dan iBNuX sempat Backup app nya🙂. jadi begitu, ada pertanyaan? silahkan mention di Twitter.

Lanjut dengan Google Sync yang dihentikan oleh Google,

Beginning June 1, 2012, we’re ending our support for Google Sync for BlackBerry. If you already have the app installed, you’ll still be able to use it; however it will not be available for download after June 1. If you currently use Google Sync for BlackBerry, we encourage you to switch to BlackBerry Internet Service (BIS) or the Google Apps Connector for BlackBerry Enterprise Server going forward. These alternatives offer a better overall experience, as you can sync your email messages, calendar and contacts through a single service.

Dari pernyataan google tersebut, jelas dikatakan bahwa google menghentikan Google Sync karena di BIS sudah ada fiturnya, pengguna BES bisa menggunakan Google konektor, Google sudah mengakui kehebatan fitur tersebut dan menghentikan support untuk Aplikasi Google sync, menurut Google, kenapa harus diteruskan jika tanpa aplikasinya pengguna bisa melakukannya? beruntung yang dimatikan hanya di BlackBerry, di ponsel lain masih ada🙂 sehingga masih bisa saling sync.dibawah ada screen shoot dari capture nux yang memperlihatkan fitur sync sudah ada di Bawaan Fitur email settings. tapi seperti google bilang, aplikasi masih bisa digunakan, hanya tidak akan ada update terbaru lagi🙂 buruan download sebelum 1 juni😀

Jadi benarkah google meninggalkan RIM? tentu tidak, hanya wartawan banyak yang tidak menyukai RIM sehingga mencoba mengarahkan masyarakat untuk menjauhi BlackBerry😀 atau memang salah paham dalam membaca pernyataan dari Google🙂

Semua OS Smartphone ada baik dan buruknya, dari segi fitur dan harga, biarkan semua OS tetap ada, karena itu memperbanyak lapangan kerja bagi programmer, dan bagi pengguna selalu support programmer dengan memberikan saran dengan cara yang baik, jangan menjelekkan karyanya, berikan kritik dan saran dengan baik agar developer senang dan segera update aplikasinya🙂

berikut skrinsut Sync bawaan BB :

Synchronize di Email Setting

Tampilan sync di Calendar

sync di PhoneBook

itulah kenapa kalian pasti kaget klo ada kontak sampai dobel🙂
karena tersync dengan beberapa email jadi dobel

pertanyaan silahkan mention @ibnux di twitter


Categories

%d bloggers like this: