Posted by: iBNuX | October 25, 2011

Membuat Passport

Your browser does not support the audio element.

Hari ini iBNuX membuat Passport di Imigrasi.
pembuatan passport ini dalam rangka mengikuti BlackBerry Developer Conference di Bangkok Thailand, bulan Desember nanti. dulu sih mana kepikiran mau jalan jalan ke luar negeri, pulang kampung aja harus gadai HP T_T

sebelum ke Imigrasi iBNuX mendaftar dulu via pendaftaran online di ipass.imigrasi.go.id
hanya perlu siapkan scan KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran, ukuran maksimal 1,8MB. setelah itu lakukan pendaftaran Online.
download dulu petunjuknya dan baca yah😀

Alur kerja

di Pendaftaran online akan diminta kapan anda datang ke kantor imigrasi terdekat, ada baiknya hari selasa (kata yg sudah sudah).
jika anda mengaku sebagai pegawai swasta, anda harus scan juga surat rekomendasi dari perusahaan. klo males😀 ngaku wiraswasta aja. setelah daftar anda akan disuruh download file bukti pendaftaran online. print buktinya dan siapkan di berkas berkas.

oke di pendaftaran sudah.

lalu hari selasa jam 8 pagi ibnux datang ke imigrasi Jakarta Barat yang terletak di jalan Pos Kota jakarta Utara.
membawa dokumen asli dan fotokopinya juga, kok sudah daftar online harus bawa fotokopi juga? sama ibnux juga ga ngerti😀
yang iBNuX lakukan setelah sampai lokasi yaitu membeli map, karena orang orang pada bawa map imigrasi, ternyata dapat sarung pasport juga, seharga 7000. Dokumen yang ibnux bawa, Buku Nikah, Akta kelahiran, Kartu Keluarga, Ijasah, dan KTP😀
sebetulnya cukup yang di upload aja, cuma ibnux pikir ga ada salahnya bawa semua, daripada dipersulit😀
tidak lupa iBNux bawa materai 6000 rupiah.

setelah semua siap, ibnux tanya ke petugas untuk ambil nomor, ternyata disuruh ambil formulir dulu, di dalam,  wow, sudah daftar online tetep isi formulir juga ?_? ya sudah deh, gratis ini. iBNuX ambil deh formulir di dalam. GRATIS.
isi formulirnya dengan data data yang dibutuhkan, anda akan ditanya mau bikin passport 24 atau 48, tapi klo dilihat 24 lebih ditujukan ke TKI, karena wilayahnya cakupannya sedikit, juga mau e-passport atau yang bias, sayangnya e-passport cukup mahal (600rb 48lbr).
tadinya iBNuX mau ambil ePassport, tapi sudah salah pilih di awalnya😀
semua fotokopi dimasukkan ke map imigrasi serta formulirnya, lalu datang ke petugas nomor antri dan dicek kelengkapan, sudah lengkap, dan akhirnya diberi nomor antrian dengan tulisan “Via Internet

map imigrasi dengan nomor antri

lalu iBNux Masuk, dan ternyata yg dari Internet memang sedikit, jadi langsung ke loket, seperti biasa, akan di cek kelengkapannya, berkas Asli beserta bukti pendaftaran Online. setelah itu fotokopinya akan diambil dan Aslinya dibawa oleh ibnux lagi.
dan iBnux diminta menunggu sampai nama dipanggil.

gak lama dipanggil,  dikasih nomor antrian pembayaran, akhirnya nunggu beberapa menit dan dipanggil
total Biaya dikeluarkan Rp 257.000 dengan rincian Rp 200rb untuk passport 48 lembar, 55rb tarif pendaftaran (klo gak salah) dan Rp 2.000 untuk PMI🙂

setelah bayar dapat nomor antrian lagi untuk Foto dan wawancara.
gak lama nomor dipanggil dan foto foto dulu deh. foto harus kelihatan alisnya.
selesai foto nunggu lagi untuk di panggil wawancara.

gak lama dipanggil deh untuk wawancara, deg deg gan euy😀
eh.. ternyata cuma ditanya mau kemana? ngapain? sama siapa? (xixixi)
lalu diperiksa berkas berkas nya, dibandingin dengan aslinya. dan akhirnya beres deh….

dan suruh kembali seminggu kemudiano_O
ya sudah deh, gapapa, ga buru buru ini😀
beres jam 13:30, karena kepotong jam istirahat.

jadi ternyata proses bikin passport itu mudah
hanya perlu sabar untuk menunggu dengan suasana yang panas (bersyukur yang diwilayah dingin)
sambil nunggu anda bisa ngecengin TKW atau TKP di sana😀

dan iBNuX tidak menemukan calo, bukan calo klo kata teman saya, tapi jalur cepat😀
mungkin calo sekarang nunggu didatangin, ngga datangin mangsa😀

Jika anda mahasiswa, buatlah passport segera, dan mulai lah backpacker  :D
sayangnya ibnux baca tulisan “Sudahkah anda punya passport”  saat ini, coba klo jaman kuliah😀

ini pengalaman iBNuX, apa pengalaman anda?


Responses

  1. ????? ?????? ???? ??????

  2. Sy kbtulan bwt pasport nya bkn dr internet, sm2 mudah dan cepat koq! Asal persyaratan nya lengkap! Biaya jg sm tp saya tnpa PMI, jd cuma 255rb, brhbung dftr nya bkn dr internet Beli map nya 20rb sdh trmsuk materai 6000,dan sampul pasport. Proses jd nya 4 hari stlh foto dan wawancara. Ayo yg blm pnya buruan.. …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: